SERANG – Jelang Idul Fitri, transaksi barang jenis emas di pegadaian Serang mengalami peningkatan mencapai 70 persen dibandingkan hari-hari biasa. Hal ini dikatakan Penaksir Muda I Pegadaian Serang, Jajat Sudrajat, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (8/7/2015).


“Sekarang lebih banyak nebus yah daripada yang masuk (gadai-red). Presentasenya bisa mencapai 70 persen yang tebus barang. Banyaknya dari kalangan ibu-ibu yang nebus, mungkin buat lebaran,” kata Jajat.
Jajat mengatakan, peningkatan yang cukup drastis itu karena saat ini sudah banyak pelayanan pegadaian yang ada di kota/kabupaten. Padahal tahun lalu, tren peningkatan penebusan benda yang digadaikan hanya 40 persen dari hari-hari biasa.

“Tren penebusan tersebut akan semakin meningkat hingga memasuki 10 hari jelang lebaran. Ya kita mempersiapkan khusus dalam menghadapi lonjakan nasabah ini,” katanya.
Selain transaksi penebusan meningkat, lanjut Jajat, transaksi nasabah yang gadai juga turut mengalami peningkatan. Tercatat, peningkatan yang terjadi jelang lebaran bisa mencapai 30 persen.

“Biasanya, nasabah yang mengadaikan barang berupa barang-barang elektronik seperti laptop, notebook dan televisi. Bahkan peningkatannya bisa mencapai Rp250 juta per hari, yang didapat dari delapan Kantor Unit Pegadaian di Kabupaten/Kota Serang. Berbeda dengan hari-hari biasanya, yang hanya mencapai Rp50 juta,” katanya. (Fauzan Dardiri)