SERANG – Kepala Seksi Produksi Tanaman Pangan Dinas Pertanian Kota Serang Jojoh Nurdiyah mengatakan, dari pantauan ke sawah di Kecamatan Kasemen banyak yang terserang hama wereng cokelat.

“Hama ini akan membuat tanaman padi mengering dari batang sampai bulir padi. Namun, serangan hama wereng cokelat tidak di seluruh area tetapi hanya di beberapa bagian dalam satu petak sawah. Di daerah Kelurahan Panggang sama Kasemen banyak yang kena wereng,” ungkap Jojoh kepada radarbanten.com via telpon seluler, Sabtu (28/3/2015).

Jojoh mengatakan, dengan adanya serangan ini, maka target produksi padi yang ditetapkan oleh pemerintah sebesar 5,5 ton per hektare dipastikan tidak akan tercapai. Ia memprediksi produksi padi saat ini hanya 5,2 ton sampai 5,3 ton per hektare. “Tapi ini baru serangan ringan. Kita juga belum dapat informasi jumlah pasti dari Petugas Organisme Pengganggu Tanaman berapa hektare yang terkena wereng,” katanya.

Jojoh menjelaskan, sampai saat ini serangan hama wereng di Kota Serang masih merupakan serangan ringan. Petugas Organisme Pengganggu Tanaman juga melakukan penyemprotan agar wereng tidak menyerang areal sawah lainnya. “Adanya serangan wereng disebabkan karena cuaca saat ini yang selalu berganti panas-hujan panas-hujan,” jelasnya.

Dikatakan Jojoh, pihaknya memprediksi panen raya di Kota Serang akan terjadi pada minggu kedua atau ketiga pada April ini. “Saat panen raya akan ada 7.500 hektare sawah yang panen,” katanya. (Fauzan Dardiri)