Jerman Hanya Mampu Bermain Imbang Lawan Polandia

Jerman Polandia
(Twitter: @UEFAEuro)

JERMAN gagal meraih poin penuh setelah hanya bermain imbang melawan Polandia di Stade de France, Jumat (17/6) dini hari WIB. Ini merupakan skor 0-0 pertama di babak grup Euro sejak 2008 lalu.

Memulai pertandingan, Jerman langsung menekan. Bahkan, pada menit keempat, mereka sudah memperoleh peluang matang melalui Mario Goetze.

Bermula dari penetrasi yang dilakukan Julian Draxler, kemudian melepaskan umpan kepada Goetze. Namun sayang, sundulan pemain Bayern Muenchen ini masih membentur mistar gawang Polandia.

Thomas Mueller mendapatkan peluang manis pada menit ke-16. Dia mencoba merangsek masuk ke daerah kotak penalti Polandia dari sisi kiri. Sayang, bola yang disambut oleh Toni Kroos masih melebar dari gawang Polandia yang dikawal oleh Lukasz Fabianski.

Polandia balik menekan lini pertahanan milik Jerman pada menit ke-29. Robert Lewandowski memiliki peluang untuk menlepaskan tembakan namun bek Jerman lebih sigap mengamankan bola.

Pada menit ke-37, gantian Samy Khedira yang menciptakan kesempatan. Dia mengirim umpan pada Mueller diteruskan dengan sepakan keras Gotze yang membentur tiang gawang. Sayang posisi Muller sudah terlebih dahulu offside.

Skor kacamata bertahan hingga turun minum. Memasukki babak kedua, Jerman tak mengendurkan daya gedornya.

Paruh kedua baru berjalan dua menit, Goetze kembali mendapatkan peluang. Lagi-lagi, meski sudah memiliki ruang terbuka, tendangan kerasnya masih bisa ditahan bek Polandia.

Pada menit ke-58, Lewandowski kembali menekan melalui skema tendangan bebasnya. Tetapi, eksekusinya masih menyamping tipis di sisi kanan tiang gawang Manuel Neuer.

Tujuh menit berselang, Toni Kroos nyaris membuka keunggulan. Tendangan kerasnya masih melambung tinggi di atas gawang Lukasz Fabianski.

Kedua tim tampak mandek di lini depan. Baik Jerman maupun Polandia masih belum menemui titik temu mencari gol pembuka.

Hingga menit ke-80, skor kacamata belum berubah. Namun begitu, Jerman masih berusaha keras mencari gol pembuka.

Pada menit ke-84, Lewandowski kembali mencoba peruntungannya. Setelah melewati Jerome Boateng, dia gagal memanfaatkan peluang karena tendangannya hanya membentur bek Jerman lainnya.

Hingga peluit panjang ditiupkan, skor kacamata tak berubah. Hasil ini masih menjaga peluang kedua tim, karena sama-sama memperoleh empat poin di Grup C. (ies/JPG)

Susunan Pemain:

Jerman: Neuer; Howedes, Boateng, Hummels, Hector; Kroos, Khedira; Mueller, Oezil, Draxler (Gomez 72′), Goetze (Schuerrle 88′).

Polandia: Fabianski; Piszczek, Glik, Pazdan, Jedrzejczyk; Krychowiak, Maczynski (Jodlowiec 76′); Blaszczykowski (Kaputska 80′), Grosicki (Perzko 87′); Milik, Lewandowski.