Ratusan pencari kerja mendatang Job Fair Kota Cilegon, Kamis (18/5).

CILEGON – Ribuan pencari kerja memadati pelataran pembukaan Job Fair 2017 yang diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cilegon, Kamis (18/5).

Kepala Disnaker Kota Cilegon Bukhori mengaku dari 40 perusahaan yang membuka lowongan kerja di Job Fair 2017 tersebut ada 1.419 lowongan kerja yang siap diisi oleh para pencari kerja, khususnya bagi masyarakat lokal Kota Cilegon. “Lowongan area Cilegon ada 943, luar Cilegon 321, dan untuk posisi tenaga kerja Indonesia atau kerja luar negeri ada 155,” ujar Bukhori.

Dijelaskannya, meskipun pihak Disnaker Cilegon telah mengimbau agar pihak perusahaan menerima tenaga kerja dari warga lokal namun pencarian kerja di Job Fair terbuka untuk umum, termasuk warga luar daerah Banten. “Kalau sudah ada bahannya dari Cilegon kenapa harus dari luar,” katanya.

Bukhori mengungkapkan hingga saat ini berdasarkan data yang tercatat dari kartu pencari kerja atau biasa disebut kartu kuning maupun AK 1 ada lebih dari 6800 pengangguran di Kota Cilegon. “Kita akan melaksanakan Job Fair ini setahun dua kali,” ucapnya.

Sementara itu, Walikota Cilegon Tb Iman Ariyadi mengimbau agar warga Kota Cilegon tidak hanya menjadi para pencari kerja namun dapat membuka peluang kerja sendiri dengan berwirausaha.

“Investasi di Kota Cilegon ini cukup tinggi. Masyarakat jangan hanya mencari kerja, tapi harus dapat mengembangkan di bidang lain. Ada sektor padat karya dan juga dapat mengembangkan ekonomi digital,” tuturnya. (Riko Budi Santoso/rikosabita@gmail.com)