JAKARTA – Hingga Selasa (21/10) pagi, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) belum menunjukkan tanda-tanda bakal mengumumkan susunan kabinetnya. Dari informasi yang dihimpun di sekitar Istana, ada kemungkinan Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla akan mengumumkan kabinet pada Selasa malam di sebuah pelabuhan di Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Pertemuan Jokowi dan JK jelang dini hari tadi, masih belum memberi titik terang soal nama-nama yang akan duduk di kabinet. Usai bertemu Jokowi, JK enggan bicara banyak soal pertemuan tersebut. “Sudah malam, besok saja,” ujar JK saat keluar dari Istana Merdeka, yang dikutip JPNN, Senin (20/10) malam.

JK yang ditemani deputi Tim Transisi, Hasto Kristiyanto itu pun enggan mengungkapkan pertemuan tersebut terkait finalisasi susunan kabinetnya atau bukan. Namun kuat dugaan memang kabinetlah yang dibahas. Saat JK keluar, di dalam Istana masih terlihat Ketua Tim Transisi Rini Soemarno dan Deputi Tim Transisi Andi Widjajanto.

“Sabar, sabarlah (soal susunan kabinetnya),” tandas JK seraya masuk mobil dan meninggalkan Istana Merdeka.

Jokowi sendiri dalam acara Mata Najwa sempat mengungkap, sesungguhnya dia dan JK sudah melakukan finishing pembentukan kabinet. Terlebih lagi, dalam melakukan seleksi, Jokowi dan JK terbantu dengan penelusuran dari KPK dan PPATK.

Namun mungkin, justru hasil ‘rekomendasi’ KPK-PPATK lah yang membuat Jokowi-JK kembali mengutak-atik nama-nama menterinya. Bisa jadi, nama-nama menteri yang disodorkan Jokowi-JK ke KPK terlalu banyak masalah.

“Sudah hampir final (kabinet). Tinggal ada sedikit perubahan. Akan diumumkan secepatnya,” singkat Jokowi. (flo/jpnn)