JAKARTA – Presiden Joko Widodo mengaku rajin memantau pemberitaan di media massa untuk mengetahui perkembangan situasi di dalam dan luar negeri. Jokowi -sapaan Joko Widodo- mengungkapkan, hal yang jadi fokus perhatiannya adalah pemberitaan seputar dirinya dan kinerja pemerintahan.

“Saya enggak pagi enggak malam buka media mainstream, online sampai media kecil saya baca semuanya. Sehingga kalau dia nulis aneh-aneh yang melintir saya makan semuanya,” ujar Jokowi dalam sambutannya di acara silahturahmi pers nasional di gedung TVRI, Jakarta, Selasa (27/4) malam.

Jokowi mengaku sangat senang bisa hadir di acara silahturahmi itu. Sebab, ia bisa bertemu banyak insan pers dan berbagi pandangan.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu menambahkan, pers saat ini termasuk beruntung karena diberikan kebebasan seluas-luasnya. Pemerintah, sambung Jokowi, juga ingin mempererat hubungan dengan pers.

“Setiap hari kita disuguhi opini yang sering baik dan mendorong perdebatan. Menurut saya perdebatan adalah bagian dari pendewasaan demokrasi tapi kadang-kadang membuat kita capek,” imbuhnya.

Jokowi pun berharap semua pihak mempertahankan fungsi pers sebagai fungsi kontrol dalam berbangsa bernegara. Terutama dalam mengawasi kerja pemerintahan.(flo/jpnn)

BAGIKAN