SERANG – Pemkab Serang menargetkan juara umum pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Provinsi Banten ke 11 di Kota Cilegon yang akan berlangsung mulai hari ini (19/3/2014) sampai Senin (24/3/2014). Sebelumnya Kabupaten Serang juga meraih juara umum pada MTQ tingkat Provinsi Banten.

“Saya berharap jadi juara umum empat kali, tapi tidak menganggap kecil (kafilah) yang lain,” kata Bupati Serang Ahmad Taufik Nuriman usai Pengukuhan Pengurus DPC Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Serang di Pendopo Bupati Serang, Selasa (18/3/2014).

Menurut Taufik, pihaknya telah memberikan pembinaan kepada peserta MTQ agar tetap menjadi juara. “Semua cabang ikut,” katanya seraya berjanji akan memberikan bonus kepada peserta jika kembali menjadi juara umum.

Apa bonusnya? Bupati masih merahasiakannya.

Sekretaris Umum Lembaga Pengkajian Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Serang Jazuli Mukri mengatakan, jumlah peserta MTQ dari Kabupaten Serang sebanyak 57 orang. Adapun untuk peserta pawai ta’aruf sebanyak 1.400 orang, terdiri atas perwakilan dari satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Pemkab Serang dan elemen masyarakat. “Kita siapkan juga 10 kendaraan hias untuk pawai ta’aruf,” ujarnya via telepon seluler.

Ia membenarkan jika Pemkab Serang masih menargetkan juara umum pada MTQ Banten itu. “Kalau pawai ta’aruf kita targetkan dua besarlah, karena kalau juara satu biasanya tuan rumah,” ujar Kabag Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Serang ini.

Sekretaris Harian LPTQ Kabupaten Serang Febriyanto mengatakan, semua cabang MTQ Banten yang akan diikuti sebanyak 11 cabang. Di antaranya, tilawatil quran putra dan putri, tahfid quran putra dan putri, tafsir quran putra dan putri, khot putra dan putri, fahmil quran putra dan putri, syrahil quran putra dan putri, kiroatul kutub putra dan putri, dan MMQ (makalah) putra dan putri.

“Pembinaan sudah kita lakukan, secara di karantina dan jarak jauh, maksudnya lewat HP kita kasih soal,” katanya. (SUTANTO)