MERAK – PT PANN Pembiayaan Maritim Indonesia secara simbolis menyerahkan kapal motor penumpang (KMP) Port Link kepada PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry di ruang VIP kantor PT ASDP Cabang Utama Merak, Jumat (22/5/2015). Setelah diserahterimakan, KMP Port Link yang sebelumnya dibiayai PANN resmi menjadi milik PT ASDP Indonesia Ferry.

Hadir dalam seremoni serah terima itu Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry Danang S Baskoro dan Dirut PT PANN Pembiayaan Indonesia Bimo Wicaksono.

Manager Usaha Penyeberangan PT ASDP Cabang Utama Merak Didi Juliansyah mengatakan pihaknya berharap KMP Port Link dapat menjadi armada penyeberangan terbaik di lintasan Merak-Bakauheni. “Sebelumnya, kapal ini beroperasi di Belfast, Irlandia Utara. Mudah-mudahan bisa menjadi armada penyeberangan terbaik milik PT ASDP yang beroperasi di Merak-Bakauheni,” kata Didi kepada awak media, usai seremoni serah terima.

Ia membeberkan, pengadaan kapal yang memiliki panjang 130 meter dengan lebar 22 meter dan kapasitas maksimal 250 kendaraan campuran serta 1.000 penumpang ini, dilakukan melalui kerjasama dua perusahaan BUMN, yaitu PT ASDP dengan PT PANN Pembiayaan Maritim Indonesia.

“Kapal ini masuk di Indonesia pada tahun 2012 dan baru mulai beroperasi di lintasan Merak-Bakauheni sejak 2013 lalu,” tambahnya. “KMP Port Link ini menawarkan kenyamanan kepada pengguna jasa, karena dilengkapi dengan fasilitas yang premium. Kami juga berkomitmen terus meningkatkan pelayanan kedepan,” tandasnya.

General Manager PT ASDP Cabang Uatma Merak Yanus Lentanga mengatakan kapasitas Port Link yang besar akan sangat membantu saat terjadi lonjakan pemudik saat arus mudik dan balik Lebaran 2015 mendatang.

“Sekarang sudah banyak kapal besar yang melayani penyeberangan di lintasan Merak-Bakauheni. Kami memprediksi, akan terjadi lonjakan penumpang seperti tahun-tahun sebelumnya. Dan tahun ini diperkirakan akan mengalami pengingkatan antara 5 hingga 7 persen, tentu KMP Port Link ini bisa diandalkan untuk mengantisipasi dampak lonjakan itu,” ujarnya. (Devi Krisna)

BAGIKAN