Kasus Suap Cilegon Disidang di Serang

KPK Belum Limpahkan Berkas Iman Ariyadi

Walikota Cilegon Tubagus Iman Ariyadi mengenakan rompi oranye KPK langsung ditahan seusai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Minggu (24/9) dini hari. FOTO: MIFTAHULHAYAT/JAWA POS

SERANG – Tiga berkas perkara tersangka dugaan suap pengurusan analisis mengenai dampak lingkungan (amdal) Mal Transmart, Kota Cilegon, dilimpahkan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ke Pengadilan Tipikor Serang, Selasa (5/12). Tiga berkas perkara itu atas nama Direktur Utama PT Krakatau Industrial Estate Cilegon (KIEC) Tubagus Dony Sugihmukti, Manager Legal PT KIEC Eka Wandoro Dahlan, dan Project Manager PT Brantas Abipraya, Bayu Dwinanto Utomo.

“Pelimpahan berkas sekira pukul 10.00 WIB tadi (kemarin-red). Ada tiga jaksa KPK melimpahkan tiga berkas perkara dugaan suap amdal di Kota Cilegon. Sementara nama Tubagus Iman Ariyadi (Walikota Cilegon nonaktif-red) tidak ada,” kata Panitera Muda (Panmud) Tipikor Serang Nur Fuad kepada Radar Banten, Selasa (5/12).

Setelah dilakukan pemeriksaan terhadap dokumen perkara, berkas perkara ketiga tersangka dilaporkan ke Ketua Pengadilan Negeri (PN) Serang Sumantono. “Laporan sudah disampaikan kepada ketua. Mengenai majelis hakim dan jadwal sidang belum turun,” jelas Nur Fuad.

Nur Fuad memperkirakan tidak lama lagi persidangan perdana perkara yang menggegerkan Cilegon itu akan digelar di Pengadilan Tipikor Serang. “Biasanya sih satu minggu. Tinggal nanti bagaimana kesepakatan majelis hakim yang menangani perkara itu,” kata Nur Fuad.

Dihubungi terpisah, Kabag Pemberitaan dan Publikasi KPK Priharsa Nugraha membenarkan, KPK telah melimpahkan tiga berkas perkara tersangka dugaan suap pengurusan amdal Mal Transmart ke Pengadilan Tipikor Serang. “Sudah dilimpahkan tadi pagi (kemarin-red) oleh jaksa KPK, tapi untuk berkas perkara atas nama Iman Ariyadi belum,” kata Priharsa saat dikonfirmasi Radar Banten, Selasa (5/12) malam.

Terkait jaksa penuntut umum yang akan disiapkan KPK dalam persidangan, Priharsa mengaku belum bisa membeberkan kepada media. Menurutnya, KPK menunggu informasi dari Pengadilan Tipikor Serang mengenai jadwal sidang dan majelis hakim yang akan memutus perkara tersebut.

“Yang pasti berkas dakwaan dari jaksa penuntut KPK akan segera diterima pengacara tersangka, bila jadwal sidangnya sudah ada,” tegasnya.

Mengenai materi dakwaan yang disiapkan jaksa KPK, Priharsa enggan berkomentar banyak. “Tunggu saja nanti dakwaannya seperti apa,” jelasnya.

Senada disampaikan Juru Bicara KPK Febri Diansyah. Ia mengaku belum menerima laporan dari penyidik KPK terkait nama-nama jaksa penuntut umum yang akan membacakan dakwaan terhadap para tersangka kasus suap amdal Mal Transmart.

“Kan baru dilimpahkan berkasnya, kita tunggu dulu jadwal sidangnya,” katanya.

Diketahui, KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) dugaan suap pada Jumat (22/9) lalu di Kota Cilegon. Mereka yang dijadikan sebagai tersangka dalam kasus itu adalah  Walikota Cilegon nonaktif Tb Iman Ariyadi, Tubagus Dony Sugihmukti, Eka Wandoro Dahlan, Bayu Dwinanto Utomo, Hendry, dan Ahmad Dita Prawira. (Merwanda-Deni S/RBG)

BAGIKAN