TIONGKOK – Di Chongqing, Tiongkok, sawah itu ada di atap gedung. Atap seluas 10 ribu meter persegi atau satu hektar tersebut disulap menjadi lahan pertanian yang bisa membuat orang berdecak kagum.

Di sana terdapat kolam yang mengelilingi areal pertanian berisi sayuran hijau serta bunga rapeseed kuning. Unggas dan ternak juga ikut menjadi penghuni. Karyawan perusahaan itulah yang merawat lahan buatan tersebut.

“Jika kami membiarkan atap tidak digunakan, itu akan sia-sia. Karena itulah, kami menciptakan proyek pertanian yang melibatkan para staf kami,” ujar juru bicara perusahaan Lu Xiaoqing.

Proyek tersebut didukung penuh oleh pemerintah setempat. Lu juga menjelaskan bahwa gedung itu memiliki sistem antiair dan struktur yang kuat untuk menahan areal pertanian di atasnya.

Karyawan perusahaan tidak ditugaskan secara khusus untuk merawat lahan pertanian di atas atap itu. Mereka melakukan bergantian secara sukarela. Sebagai gantinya, mereka bisa membawa pulang buah dan sayur yang dipanen dari lahan tersebut.

“Sekarang kami bisa memanfaatkan seluruh bagian atap dan mendapatkan sayuran gratis. Ini luar biasa,” ujar Hu, salah seorang karyawan.

Sayuran yang ditanam, antara lain, bayam, asparagus, dan selada. (Xinhua/Shanghaiist/sha/c6/ami/jpnn)

BAGIKAN