TANGERANG – Sebanyak 20 Ketua RT dan RW di Desa Sentul, Kecamatan Balaraja dibekali pesawat radio handy talkie (HT). Sarana komunikasi tanpa pulsa ini diberikan pemerintah desa setempat sebagai alat kontrol memantau pergerakan di setiap sudut kampung.

Kepala Desa Sentul Nawawi mengatakan, lewat radio ini, warga dapat membantu tugas polisi melakukan pengamanan dan menyampaikan informasi dengan cepat. ”Radio HT sangat efisien. Kami bisa mengontrol keberadaan dan kegiatan warga sekitar di Pos Kamling tempat berkumpulnya warga,” ulas Nawawi usai rapat peningkatan kamtibmas di Aula Kantor Desa Sentul, Selasa (14/11).

Semua HT itu dibeli lewat anggaran desa. Ini lantaran warga paham dan sadar bahwa keamanan adalah bagian kenyamanan. Sehingga, pemerintah desa membuat anggaran khusus perangkat IT ini.

”Jadi, kalau ada apa-apa cukup lewat HT, kami sudah tau di gang sebelah ada apa, ini membuat kami selalu tahu kabar antarwarga lewat HT ini,” jelas Nawawi.

Terpisah, Camat Balaraja Mas Yoyon Suryana mengapresiasi terobosan tersebut. Menurutnya, langkah yang diambil Kades Sentul patut dicontoh oleh desa lainnya. Dalam waktu dekat, Yoyon akan menyosialisasikan gagasan ini kepada desa lainnya. ”Terobosan ini patut dicontoh,” terangnya.

Hal senada disampaikan Kapolsek Balaraja Wendy Andriatno. Menurutnya, keamanan bisa terjaga dengan baik lewat partisipasi penuh oleh semua warga. ”Masyarakat memiliki peran krusial dalam membantu keamanan. Terobosan ini sangat membantu kerja Polri-TNI dalam menjaga stabilitas desa,” tandasnya. (gar/sub)

BAGIKAN