MERAK – Kapal Muatan Penumpang (KMP) Persada I milik PT Atosim Lampung Perkasa, pengganti kapal Bahuga Jaya yang tenggelam tahun lalu, sudah beroperasi di lintasan penyeberangan Merak-Bakauheni. Kapal tersebut mulai dioperasikan sejak Selasa (25/3/3014).

Demikian dikatakan Nana Sutisna, Manager Usaha PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak kepada radarbanten.com. “Setelah ada izin prinsip dan keluar izin operasionalnya, kita langsung operasikan kapal tersebut. Dan kemarin sudah mulai operasi di lintasan penyeberangan Merak,” ujar Nana.

Dijelaskan, untuk KMP Mutiara Persada I, daya angkutanya cukup besar yakni mampu mengangkut 110 kendaraan dan 600 orang.

“Jadi dengan bertambahnya kapal di penyeberangan Merak maka total kapal yang ada saat ini sebanyak 47 unit. Akan tetapi yang sudah ada izin operasionalnya dan sudah siap operasi sebanyak 42 kapal,” jelas Nana.

Di tempat terpisah, Kepala Otoritas Pelayanan Pelabuhan (OPP) Endi Suprasetyo membenarkan kapal tersebut sudah beroperasi, akan tetapi hanya bisa beroperasi di Dermaga III, IV dan V. “Karena spesifikasi kapal tersebut berbeda dengan yang lainnya. Hanya bisa sandar di tiga dermaga itu,” ujar Endi.

Seperti diberitakan sebelumnya bahwa KMP Mutiara Persada I, beberapa minggu yang lalu melakukan uji sandar di Dermaga III untuk mendapatkan izin operasional. (Sefrinal)

BAGIKAN