SERANG – Guna meningkatkan partisipasi pemuda dalam mengakses informasi dan membuat berita, Bidang Komunikasi dan Informasi Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Serang besok akan menggelar Sekolah Jurnalistik Pemuda di Aula Pemuda Gelanggang Olahraga Ciceri, Kota Serang.

Sekretaris Pelaksana Sekolah Jurnalistik Pemuda Syahid Al-Qindy kepada radarbanten.com, Selasa (24/3/2015), mengatakan, Sekolah Jurnalistik ini untuk mendorong pemuda Kota Serang ikut berpatisipasi dalam pembangunan daerah. “Pemuda itu punya energi dan daya kreasi luar biasa, sayang jika tidak diakomodir,” kata Syahid.

Syahid menjelaskan, potensi pemuda di Kota Serang juga sangat luar biasa jika dilihat dari jumlah OKP yang terdaftar di KNPI Kota Serang. “Jumlahnya ada 6 PK KNPI dan 60 OKP, masing-masing mengutus satu orang untuk mengikuti pelatihan. Sudah pasti gerakan menulis akan dibarengi dengan membaca, karena omong kosong mereka mau menulis kalau tidak membaca,” jelasnya.

Ketua DPD KNPI Kota Serang Muhamad Ali Hanafiah mengatakan, sekolah jurnalistik bukan hanya sebagai kegiatan seremonial. Ada harapan yang besar untuk membangkitkan semangat pemuda Kota Serang untuk aktif dalam pembangunan daerah. “Kita berharap akan lahir gagasan-gagasan positif untuk pembangunan Kota Serang,” katanya.

Dikatakan Ali, media menjadi salah satu pilar demokrasi yang perananannya sangat strategis untuk mengakomodir harapan masyarakat. “Terlebih dengan kemajuan zaman dan teknologi yang terus berkembang, media sangat strategis untuk memberikan pendidikan politik cerdas. Kota madani lahir karena mayarakatnya cerdas, dan itulah yang mestinya dimainkan oleh pelaku media,” kata Ali.

Ali berharap para pemuda yang dilatih di Sekolah Jurnalistik menjadi pemuda kreatif dan bisa menulis sehingga akan lahir jurnalis-jurnalis andal di kalangan pemuda Kota Serang. (Fauzan Dardiri)

BAGIKAN