SERANG – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Serang siap gelar ujian nasional (UN) secara online pada tahun 2016 untuk seluruh Sekolah. Komisi II DPRD Kota Serang khawatirkan soal pengadaan barang untuk sarana UN online.

Ketua Komisi II DPRD Kota Serang Furtasan Ali Yusuf kepada radarbanten.com di ruang Kerjanya, Kamis (12/3/2015), mengatakan, pihaknya mendukung langkah Dindikbud Kota Serang untuk melakukan UN Online pada seluruh Sekolah. “Bisa saja, kalau seluruh infrastrukturnya dibangun, karena jaringan, sarana dan prasarananya harus disiapkan dari sekarang, kenapa tidak. Yang saya khawatirkan soal pengadaan barangnya,” ungkap Furtasan.

Furtasan menegaskan, pihak Dindikbud harus serius melakukan persiapan mulai dari tahun ini, sehingga pada tahun depan unit komputer dan perlengkapan lainnya sudah siap untuk UN online. “Di Kota Serang baru SMK Negeri 1 yang memiliki peralatan, dan itu juga tidak cukup untuk memenuhi seluruh siswa, sehingga saat ujian harus beberapa kali putaran. Namun sepanjang itu mempermudah siswa dalam UN, Komisi II mendukung,” jelasnya.

Menurut Furtasan, penilaian dalam UN online ke depan menjadi transparan. “Nanti anggarannya dialokasikan pada APBD tahun depan, ya disesuaikan dengan kebutuhan dan yang diajukan Dindikbud,” katanya. (Fauzan Dardiri)