SERANG – Hari pertama Ujian Nasional (UN) yang menggunakan sistem online atau Computer Based Test (CBT) mengalami masalah. Beberapa unit komputer yang digunakan siswa untuk mengerjakan 50 soal seringkali mengalami kendala sehingga dikeluhkan siswa.

“Tadi sempet trouble, log out sendiri padahal belum selesai. Bikin ngeganggu, karena ada tiga teman saya panik,” ungkap Dhika Saktibasera, siswa SMKN 1 Kota Serang kepada wartawan, Senin (13/4/2015).

Dhika merasa terganggu sehingga proses pengerjaan soal pun sempat terhenti karena harus kembali memasukkan akun siswa. Kendati demikian kejadian tersebut tidak berlangsung lama. “Kan ada pengawas ujian, abis itu, langsung dikasih nomor akun lagi, untung jawaban sih ga ilang, ada lagi,” jelasnya.

Hal yang sama diakui siswa lainnya, Dian Oktaviana juga mengeluhkan perangkat komputer UN yang sering mati mendadak. “Kendalanya sih cuma komputer aja. Karena saat mau pindah soal baru, dia buka tab baru terus kadang suka mati. Namun pelaksanaan UN Online lebih mudah dan cepat dibandingkan dengan seperti ujian biasa,” jelasnya. (Fauzan Dardiri)