Yogurt selama ini sudah dikenal sebagai makanan yang baik untuk kesehatan. Dengan karakteristik seperti es krim, banyak orang lebih memilih yogurt karena khasiat yang ditawarkan.

Kini, ada satu lagi manfaat yogurt bagi kesehatan. Yakni memangkas risiko diabetes. Para peneliti dari Harvard University meneliti sekitar 200 ribu pria dan wanita berusia 25-75 tahun selama sekitar 30 tahun.

Para peneliti menganalisis kesehatan mereka dengan sering melakukan wawancara dan kuesioner diet menyeluruh. Mereka menemukan 15.156 kasus diabetes tipe 2 selama penelitian.

Setelah mempertimbangkan usia, indeks massa tubuh dan kebiasaan yang tidak sehat, mereka menemukan bahwa makan yogurt setiap hari bisa menurunkan risiko diabetes tipe 2 hingga 18 persen.

Yogurt kaya akan probiotik, di mana mikro-organisme yang terkandung di dalamnya sangat penting untuk mengelola pencernaan dan fungsi usus.

“Beberapa mekanisme menyatakan bahwa yogurt merupakan minuman khusus. Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa bakteri probiotik dalam yoghurt dapat bermanfaat. Tetapi belum ada kesimpulan yang pasti,” kata peneliti Mu chen, seperti dilansir laman Health Me Up, Selasa (24/3). (fny/jpnn)

BAGIKAN