KOPI sangat populer sebagai minuman di pagi hari untuk mengawali hari agar tubuh dan pikiran menjadi lebih segar. Selain itu, juga umum digunakan sebagai teman begadang.

Walaupun tidak dikategorikan sebagai minuman kesehatan, tidak sedikit penelitian yang telah mengatakan bahwa minum kopi, bahkan tiga gelas atau lebih dalam sehari, memiliki manfaat bagi kesehatan.

Salah satunya, minum kopi dapat membantu mencegah obesitas. Sebuah studi baru di University of Georgia telah mengidentifikasi senyawa kimia dalam minuman berkafein ini yang membantu mencegah beberapa efek merusak dari kelebihan berat badan.

Kandungan cholorgenic asam atau CGA yang ada di biji kopi secara signifikan mampu mengurangi resistensi insulin dan akumulasi lemak dalam hati tikus yang diberi makan diet tinggi lemak.

“Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa konsumsi kopi dapat menurunkan risiko penyakit kronis seperti diabetes tipe 2 dan penyakit kardiovaskular. Studi kami memperluas penelitian ini dengan melihat manfaat yang terkait dengan senyawa tertentu, yang ditemukan tidak hanya dalam kopi, tetapi juga dalam buah-buahan dan sayuran seperti apel, pir, tomat dan blueberry,” kata peneliti Dr. Yongjie Ma, seperti dilansir laman Daily Mail, Rabu (25/3).

“CGA adalah antioksidan kuat yang mengurangi peradangan. Banyak bukti menunjukkan bahwa penyakit terkait obesitas disebabkan oleh peradangan kronis,” kata Dr. Ma.

Namun, mempertahankan diet sehat dan melakukan olah raga teratur masih merupakan metode terbaik untuk mengurangi risiko yang terkait dengan obesitas. (fny/jpnn)