SERANG – Secara resmi Panitia Seleksi (pansel) Calon Sekretaris Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banten telah menyerahkan tiga nama yang akan mengisi posisi tersebut ke KPU Banten, Kamis (7/5/2015). Ketiga nama tersebut diantaranya Septo Kalnadi (Staf Ahli Walikota Cilegon), Ade Arianto dan Maman Suratman dari Kesbangpol Banten.

“Saya mengapresiasi tinggi kinerja pansel, selanjutnya KPU akan melakukan fit and proper test kepada ketiga calon tersebut sebelum diserahkan ke KPU pusat,” ujar Ketua KPU Banten Agus Supriatna, Jumat (8/5/2015).

Dikatakan Agus, meskipun ketiga calon tersebut sudah diuji oleh pansel selama dua bulan lalu, pihaknya tetap berhak untuk melakukan tes sebelum berkas mereka diserahkan kepada KPU pusat.

Dilanjutkan Agus, tes yang akan mereka lakukan bisa mengubah urutan peringkat yang telah ditentukan oleh pansel. Dari pansel peringkat pertam adalah Septo Kalnadi, kedua Ade Arianto dan ketiga Maman Suratman.
“Setelah uji fit and proper test yang dilakukan KPU, urutan tersebut bisa saja berubah, yang satu jadi ke tiga, atau sebaliknya,” kata Agus.

Menurut Agus, nantinya nama peringkat satu hasil tes dari KPU, dialah yang akan menduduki jabatan sebagai Sekretaris KPU Banten. “Nanti berkas semua calon tetap diserahkan ke KPU pusat, sambil meminta surat keputusan untuk sekretaris yang terpilih,” ujarnya.

Terkait pelaksanaan test, lanjut Agus, rencananya test tersebut akan dilaksanakan hari Selasa, kemudian hari Rabu hasilnya akan langsung diserahkan ke KPU pusat. (Bayu)