CILEGON – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon, mengumpulkan anggota PPK dan PPS, di ruang Aula KPU untuk perusiapan melakukan verifikasi faktul terkait dukungan perseorangan.

Ketua KPU Kota Cilegon, Fatullah mengatakan, dikumpulkannya anggota PPK dan PPS untuk melakukan verifikasi faktual di seluruh Kelurahan yang ada di Kota Cilegon. “Kita akan menyerahkan data dukungan dari calon perseorangan, yaitu pasangan pak Darmana-Marfi Fahjan kepada PPK dan PPS untuk dicocokan, apakah KTP dukungan yang diberikan sesuai atau tidak. Setelah selesai melakukan verifikasi faktual dikelurahannya masing-masing, PPS diminta membuat berita acara perkara (BAP) sebagai laporannya. Adapun waktunya yaitu 14 hari, dimulai tanggal 23 Juni sampai 6 Juli,” ujar Fatullah, kemarin, Sabtu (20/6/2015).

Lebih lanjut, Fatullah mengatakan, dalam melakukan verifikasi faktual ada yang di hapus ada juga yang tetap di pertahankan.” Yang dihapus, yaitu dukungan dari PNS, TNI/Polri, dukungan ganda dan orang yang sudah meninggal tetapi masih memiliki KTP. Selain itu bisa menjadi syarat untuk mendukung,” sambungnya

“Jika hasil verifikasi faktual mengalami penyusutan dan kurang dari 32.963, sehingga tidak memenuhi syarat untuk maju dari jalur perseorangan, maka kita akan mengadakan rapat di internal KPU untuk di ambil keputusan. Bisa jadi yang bersangkutan tidak dapat meneruskan pencalonannya,” katanya.

Menurutnya, Pasangan Darmana-Marfi Fahjan sudah memenuhi dukungan yang di syaratkan oleh KPU. “Dukungan yang diberikan pasangan Darmana-Marfi Fahjan sudah mememenuhi target yang dipersyaratkan, yaitu sebanyak 33.063 dukungan dan tersebar di seluruh Kecamatan di Kota Cilegon. Sementara syarat minimal dukungan perseorangan untuk Kota Cilegon, yaitu sebanyak 32.963 dukungan,” ungkapnya.

Seleksi Calon Kepala Daerah di Kota Cilegon dari jalur perseorangan, hanya menghasilkan satu pasangan.” Kita hanya menerima satu calon perseorangan saja, atas nama Darmana-Marfi Fahjan. Beliau menyerahkan berkas administrasi pada hari Senin, tanggal 15 Juni 2015,” tambahnya. (Rahmatullah)

BAGIKAN