KPU Kabupaten Serang Sosialisasikan Penyelenggaraan Pemilu 2019

SERANG – Demi menyukseskan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serang melakukan sosialisasi penyelenggaraan Pemilu 2019.

Kepala Divisi SDM KPU Kabupaten Serang Abidin Nasar mengatakan sosialisasi ini merupakan tahapan penyelenggaraan untuk Pileg Pilpres 2019. Dengan mengundang seluruh kecamatan di Kabupaten Serang untuk menginformasikan kepada masyarakat melalui aparat desa dan lainnya. “Intinya (Peraturan) KPU UU Nomor 7 Tahun 2017, kan ada perubahan banyak,” ungkapnya di Hotel Le Dian, Kota Serang, Rabu (11/10).

Perubahan itu, ia sebut, pertama, pada Pemilu 2019 terdapat lima kotak dan lima surat suara. Berikutnya, perubahan pada Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2017 ada pengurangan personel PPK untuk tingkat kecamatan, yang sebelumnya lima menjadi tiga personel. Meskipun perubahan ini sedang dilakukan judicial review melalui Mahkamah Konstitusi.

“Diputus atau tidak, yang jelas kami menyampaikan informasi terkait tahapan awal, lalu kemudian kami juga ingin menyampaikan pada masyarakat bahwa gendang pileg pilpres sudah dimulai, ada tahapan parpol,” jelasnya.

Di KPU Kabupaten Serang sendiri, tambahnya, sudah dua parpol yang mendaftar. Yakni Partai Perindo dan Idaman. “PDIP juga serentak akan lakukan pendaftaran calon parpol,” tuturnya.

Ia berpesan bagi setiap partai politik untuk mendaftar sebelum injury time. (Anton Sutompul/antonsutompul1504@gmail.com)

BAGIKAN