PANDEGLANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pandeglang tetapkan sebanyak 996.071 penduduk menjadi daftar pemilih sementara (DPS) untuk Pilkada 9 Desember mendatang.
Ketua KPU Kabupaten Pandeglang Ahmad Suja’i kepada radarbanten.com, Kamis (3/9/2015) mengatakan, setelah dilakukan penetapan pihaknya pada 10 September mendatang akan segera melakukan uji publik.
“Kami pada 10 September akan melakukan proses uji publik atau pengumuman. Ini dalam rangka meminta kepada seluruh lapisan masyarakat untuk memberikan masukan terhadap data pemilih,” kata Suja’i.


Suja’i menjelaskan, dari hasil pleno tersebut pihaknya menetapkan sebanyak 509.893 pemilih perempuan dan 486.178 pemilih laki-laki. Serta penetapan tempat pemungutan suara (TPS) sebanyak 1.903 dari 339 desa yang ada di Kabupaten Pandeglang.

“Bila masyarakat yang hendak melakukan perubahan atau perbaikan nama, masyarakat bisa melalui PPS, karena memang di sana disediakan form perbaikan DPS yang kemudian dimasukkan ke data sidalih. Sedangkan penetapan DPT tingkat kabupaten dilaksanakan pada tanggal 1-2 Oktober,” jelasnya.
Ia mengatakan, DPS ini belum bisa menjamin 100 persen karena pergerakan pertumbuhan dan pengurangan pendudukan selalu dinamis.

“Yang namanya orang, kan selalu dinamis. Tidak bisa dipastikan hari ini. Ketika masih terus berjalan, kaitan proses perubahan. Bisa berkurang dan bertambah. Termasuk juga dengan jumlah TPS yang sudah ditetapkan. Jadi intinya semuanya bisa berubah,” jelasnya. (Fauzan Dardiri)