CILEGON – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon akhirnya menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam Pilkada Kota Cilegon 2015, sebanyak 295.445 pemilih. Jumlah itu terdiri dari 149.750 pemilih laki-laki dan sisanya sebanyak 145.695 pemilih perempuan yang berhak menyumbangkan suaranya.

Pokja Divisi Program dan Data KPU Kota Cilegon, Rudi Hartono mengatakan jumlah DPT itu mengalami penurunan sekira 6.160 pemilih dari jumlah Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang sebelumnya sempat diumumkan 301.605 pemilih. “Penyusutan pemilih ini setelah dilakukan perbaikan ditingkat PPS (Panitia Pemungutan Suara) di tingkat Kelurahan dari DPS sebelumnya,” ujarnya usai rapat pleno terbuka penetapan DPT di Hotel SKI Cilegon, Jumat (2/10/2015) sore.

Selanjutnya, kata dia, pihaknya akan membuka waktu pendaftaran pemilih tambahan tahap pertama pada tanggal 13 hingga 20 Oktober mendatang. “Kami prediksi, sampai dengan hari H pemungutan suara, akan terjadi peningkatan pemilih minimal kenaikan 1 persen dari jumlah DPT saat ini,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Cilegon, Fathullah Hasyim mengatakan, penetapan DPT itu merupakan pintu masuk dari semua tahapan pelaksanaan Pilkada yang sudah dilakukan pihaknya sejauh ini. “Rencananya daftar DPT ini akan kita perbanyak, dan kita umumkan dimasing – masing Kalurahan. Harapan kita, bagi warga yang belum terdaftar agar segera melaporkan ke PPS agar dapat terdata, dan hak konstitusi warga negara dapat terjamin,” katanya. (Devi Krisna)