JAKARTA- Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) mengusulkan kuota CPNS 2015 sebanyak 134 ribu. Formasi terbesar dialokasikan untuk layanan dasar seperti tenaga pendidik, kesehatan, penyuluh dan fungsional tertentu.

“Selain tenaga layanan dasar, formasi lainnya adalah tenaga layanan publik dan nawa cita,” kata Asdep Koordinasi Kebijakan, Penyusunan Evaluasi Program dan Pembinaan Integritas SDM Aparatur KemenPAN-RB Subowo Djoko Widodo di kantornya, Senin (11/5).

Usulan 134 ribu itu merupakan gabungan dari sisa formasi CPNS 2014 yang tidak terpakai, jumlah pensiunan PNS serta honorer K2. Untuk honorer K2, dialokasikan sebanyak 30 ribu.

“Prinsip penetapan kuota CPNS disesuaikan dengan jumlah PNS yang pensiun. Selain itu, karena ada kuota tahun lalu tidak digunakan itu dimasukkan tahun ini. Begitu juga honorer K2 yang belum lulus, kita masukkan tahun ini juga,” terang Bowo

Hanya saja, Bowo belum bisa memastikan apakah usulan 134 ribu itu sudah pasti ditetapkan sebagai kuota nasional atau tidak. Sebab, KemenPAN-RB menunggu persetujuan Kementerian Keuangan untuk menyesuaikan dengan kemampuan anggaran negara. (esy/jpnn)

BAGIKAN