Virgoun bersama istri. Foto :JPNN

JAKARTA – Menggabungkan formula easy listening dengan lirik yang bikin terbawa perasaan (baper) membuat lagu Surat Cinta untuk Starla begitu happening saat ini. Dirilis sejak Februari, kepopulerannya terus melesat. Lagu yang dibawakan Virgoun, vokalis band Last Child, itu mendapat dua penghargaan sekaligus dalam SCTV Music Awards yang berlangsung di Studio 6 Emtek City, Jakarta, pada Selasa (16/5) malam lalu.

Kategori yang dimenangi adalah Lagu Pop Paling Ngetop dan Video Klip Paling Ngetop.

Virgoun tidak pernah menyangka, lagu yang liriknya berisi doa untuk putrinya, Starla, itu mendapat apresiasi luar biasa. Tiga hari sebelum kemenangan tersebut, Surat Cinta untuk Starla baru saja dinobatkan sebagai klip video musisi lokal Indonesia yang ditonton lebih dari 100 juta kali. Pertambahan viewer-nya terbilang cepat karena tadi malam sudah ada di angka 103 juta kali.

Namun, Virgoun tak mau sombong.  “Saya kira seratus juta viewer itu juga enggak seratus juta orang yang lihat. Tapi, mungkin hanya 20 atau 30 juta orang. Cuman, mereka memang suka dengan lagu ini dan diputer terus,’’ katanya.

Virgoun juga mengucapkan terima kasih untuk mereka yang sudah memutar dan mencintai lagunya itu. “Karena lagu ini memang maknanya luas banget. Enggak cuma ke anak atau pasangan, tapi bisa juga buat Yang di Atas,’’ ujar Virgoun yang naik panggung ditemani sang istri.

Sudah mendapat penghargaan lewat karier solo, Virgoun berjanji tidak meninggalkan band yang telah bersamanya lebih dari 10 tahun. Dia tetap berkarya bersama Last Child, tetapi juga tetap mengeksplorasi kemampuannya untuk bersolo. “Dari zaman dulu musik sudah membuat saya ketagihan. Jadi, bentuknya apa pun, itu akan jadi kerjaan dan kehidupan saya,’’ imbuhnya.

Piala yang didapat Virgoun itu menjadi kado untuk ulang tahun putrinya yang berumur dua tahun pada 20 Mei nanti. Kesuksesan single tersebut menginspirasi untuk pembuatan short movie yang diputar di YouTube. Ada tujuh chapter yang dirilis. Tak berhenti sampai di situ, lagu tersebut juga akan dibuat film. Upi Avianto menjadi sutradaranya dengan jadwal tayang November mendatang. Jefri Nichol dan Caitlin Halderman didapuk sebagai pemeran utama. (JPG/RBG)