Seperti jamur, geliat modifikasi motor di Kota Tangsel terus menggeliat. Rasa jenuh dengan style motor yang biasa saja menumbuhkan kreativitas untuk mengubah fisik hingga kecepatan sesuai selera yang diinginkan.
SERPONG – Memodifikasi motor bukan perkara mudah, dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Para pencinta motor harus menguras isi kantong lebih dalam. Cek saja aktivitas Studio Motor Custom Bike di Jalan Cemara Menteng Asri No 4 Bintarojaya, Senin (13/11).

Kepala Mekanik Studio Motor Custom Bike, Tompel (31) menuturkan biaya modifikasi motor bervariasi, tergantung jenis motor dan pake spare part apa.

”Biaya modifikasi untuk yang paling bawah, bebek start awal di Rp30 juta, untuk Scorpio dan sekelasnya start awal Rp45 juta, untuk Ninja dan sekelasnya start awal Rp50 juta, untuk moge start awal di Rp75 juta. Itu di luar unit,” tuturnya.

Menurut Tompel memodifikasi motor memerlukan waktunya sendiri, karena menentukan unit yang tepat dengan motor perlu ketelitian. ”Untuk jangka waktu pengerjaan, tidak tentu, ada yang sebulan, dua minggu bahkan ada yang dua bulan, tergantung jenis motor dan unit yang diinginkan,” imbuhnya.

Samuel Deriansyah mengatakan, geliat ini seharusnya mampu ditangkap, pemkot dengan menggandeng pihak ketiga. ”Banyak bengkel modifikasi. Tapi event-nya minim,” tuturnya.

Deri-sapaan akrab warga Pamulang ini menambahkan, gelaran pesta custom culture Suryanation Motorland pada Mei 2017 benar-benar menyedot perhatian masyarakat.

Acara yang berlangsung sehari penuh ini digelar di Lapangan Terbang Pondokcabe, dan dimeriahkan oleh kehadiran sekitar 114 unit motor custom dari berbagai aliran dan genre yang ikut berkompetisi. ”Coba kalau gelaran HUT Tangsel dimeriahkan oleh modifikasi motor, tentu lebih semarak. Bila perlu dihelat pamerannya,” tururnya.

Surya Sanjaya warga Serpong menambahkan, event ini mampu memberikan inspirasi bagi para custom enthusiast motor roda dua termasuk bagi para bikers, komunitas dan penggiat custom scene di wilayah Jabodetabek dan Banten untuk berkolaborasi menghasilkan karya custom yang sempurna. ”Harapan kami sebagai pencinta motor, event serupa tetap lestari,” ujarnya. (kum/net/ful/sub)