SERANG – Menjelang perayaan Lebaran, Bank Indonesia Provinsi Banten mengajak masyarakat untuk memperbanyak transaksi nontunai. Ini diungkapkan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten Budiharto Setyawan beberapa waktu lalu.

“Lebaran tidak perlu banyak bawa uang tunai saat pulang ke kampung halaman karena jaringan ATM bersama banyak hingga ke pelosok,” katanya.

Kata dia, dengan ATM para pemudik tinggal mengambil uang di lokasi tujuan sehingga lebih aman dan nyaman. “Dari segi keamanan lebih terjaga,” katanya.

Kata Budi, meskipun bawa uang tunai hanya secukupnya dan sisa uangnya dimasukkan ke rekening. “Ketika butuh tinggal diambil,” katanya.

Dengan begini, masyarakat ikut menyukseskan program yang dicanangkan Bank Indonesia tentang gerakan nasional nontunai (GNNT) yang diluncurkan pada Agustus 2014 lalu.

Ia menghimbau, masyarakat untuk selalu waspada dalam setiap transaksi karena biasanya menjelang Lebaran tingkat kriminalitas tinggi. “Harus terus waspada dan hati-hati,” himbaunya. (RB/skn/ags)

BAGIKAN