SERANG – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Serang memberikan penataran kepada guru SD materi pelajaran muatan lokal se-Kabupaten Serang, di gedung PSBB MAN 2 Serang, Kamis (16/4). “Kita mengundang para guru SD yang bertugas mengajar mulok di sekolahnya masing-masing, guna melestarikan Bahasa Jawa Serang,” kata Kepala Seksi Pengembangan Bahasa Daerah Dindikbud Kota Serang Dedi Rismunandi, Jumat (17/04/2015).

Dijelaskan Dedi, pelatihan dilakukan dalam rangka mengembangkan dan melestarikan Bahasa Jawa Serang melalui pembelajaran mulok di SD. “Output yang diharapkan dari kegiatan tersebut yaitu guru dapat menyampaikan dan mengkomunikasikan Bahasa Jawa Serang pada bahan ajar di sekolah,” terang Dedi.

Dedi menjelaskan, pelajaran Bahasa Jawa Serang hanya diajarkan pada jenjang SD. ” Pembelajaran Bahasa Jawa Serang sangat penting mengingat semakin pudarnya penggunaan bahasa tersebut, dan kita sudah mulai enggan untuk menggunakan Bahasa Jawa Serang padahal Bahasa Jawa Serang adalah bahasa asli daerah kita yang harus kita pertahankan dan kita lestarikan. Jangan sampai kita sungkan menggunakan bahasa kita sendiri, hal itu yang terjadi pada anak-anak kita. Kita tidak berharap bahasa lokal ini mengalami kepunahan,” terang Dedi. (Rahmatullah)

BAGIKAN