SERANG – Panglima TNI Jenderal Moeldoko melakukan inspeksi mendadak ke Markas Komando Pasukan Khusus (Kopassus) Grup 1 Baladika, Kota Serang, Banten, Rabu (11/3/2015). Kedatangan Jenderal Moeldoko untuk memastikan kesiapsiagaan anggota Kopassus dan kesejahteraan anggota TNI.

Panglima menijau beberapa lokasi antara lain Lapangan Tembak 300, rumah salah satu anggota prajurit, dan meninjau aktivitas penimbangan bayi di Posyandu Mawar.

Dalam sambutannya, Panglima TNI berpesan beberapa hal antara lain soal loyalitas pada tugas TNI menjaga segenap bangsa, mengenai kesejahteraan anggota TNI dan upaya TNI menjadi bagian dari masyarakat.

“Pegang teguh tugas kamu itu dengan baik, tentara tidak boleh berpikir macam-macam fokus pada tugas pokok. Tidak ada cara lain kamu telah disiapkan untuk jadi prajurit yang profesional. Syaratnya satu berlatih, berlatih dan berlatih. Alat perlengkapan itu hanya sarana dan prasarana. Percuma alat bagus manusia memble,” ungkap Moeldoko di depan ratusan prajurit Kopassus.

Selain fokus pada tugas pokok TNI, Panglima juga mengharapkan prajurit TNI tidak bisa hanya diharapkan profesional tapi juga harus sejahtera. “Kedatangan saya mendadak karena saya ingin melihat apa yg kalian lakukan dan melihat kesejahteraan kalian. Saya tidak ingin prajurit saya profesional tapi hidupnya susah. Saya ingin prajurit TNI sejahtera. TNI tidak ragu atau malu, Saya suarakan itu, kita berharap kesejahteraan terus terjadi. Kehidupan prajurit yang lebih layak,” harapnya.

Untuk itu, lanjut dia, panglima TNI membuat rencana penggajian, perumahan, kesehatan, dan pendidikan anak TNI. “Rancangan sudah kita buat dan sudah kita serahkan ke Komisi I dan Bappenas. TNI harus profesional hidupnya sejahtera,” ujarnya.

Kemudian Pangliam TNI juga berpesan agar prerajurit TNI harus ramah terhadap masyarakat. “Yakinlah kekuatan pertahanan Indonesia tanpa kehadiran rakyat tidak berarti. Sistem pertahanan rakyat semesta, difokuskan bagi rakyat semesta, apabila negara terancam sumberdaya nasional dikerahkan. TNI dan didukung. Kemanunggalan TNI dan rakyat. Prasyaratnya adalah berbaik-baik rakyat, dicintai rakyat,” pungkasnya.

Dalam sidak ini, panglima juga disambut oleh Dangrup I Kopassus Kolonel Inf Sudaryanto dan ratusan prajurit Kopassus Grup I. (Wahyudin)