CILEGON – Salah satu poin kesepakatan antara warga dan PT Krakatau Posco (KP) adalah adanya pengobatan gratis yang akan dilakukan terhadap warga.

Pasalnya, dampak dari adanya limbah serbuk besi milik PT KP yang masuk kepemukiman warga sejak sepekan lalu itu, warga di tiga kelurahan yakni Kelurahan Kubangsari, Tegalratu dan Samangraya, Kecamatan Ciwandan mengalami infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) dan gatal-gatal.

Rencananya, upaya pengobatan gratis itu akan dilakukan pada Senin (10/3/2014) lusa. “Saya baru mendapat kepastian kabar itu dari Achwan Effendi (HRD, PT KP) tadi pagi. Jadi sudah fix, Senin nanti pengobatannya mulai dilakukan,” ujar Hasbi Sidik, selaku tokoh pemuda Kubangsari kepada radarbanten.com, Sabtu (8/3/2014).

Pengobatan gratis itu, katanya, akan dilakukan PT KP secara bergiliran di setiap kelurahan. Langkah pengobatan gratis kepada warga itu, kata dia, merupakan kewajiban pabrik baja patungan itu karena telah mencemari lingkungan warga. “Yang akan dilayani Krakatau Posco itu nanti cuma sekitar penyakit yang diduga dampak dari penyebaran serbuk besi itu. Seperti Ispa, batuk atau gatal-gatal. Kalau diluar itu, tidak dilayani,” tandasnya. (Devi Krisna)