Liverpool saat menghadapi Arsenal. Foto: AFP/JawaPos.com

Liverpool memperlihatkan bahwa mereka adalah spesialis mengalahkan pesaing-pesaing dari tim besar. Saat menghadapi Arsenal di Anfield, Minggu (5/3) dini hari, The Reds menang dengan skor 3-1.

The Reds memang belum terkalahkan ketika menghadapi lima tim yang menjadi pesaing mereka di papan atas klasemen.

Hasil ini membuat Liverpool sementara naik ke peringkat tiga dengan poin 52. Sementara Arsenal jatuh ke peringkat lima dengan 50 poin.

Ini menjadi kekalahan keempat Arsenal dalam enam laga terakhir. Krisis mereka pun semakin menonjol dan manajer Arsene Wenger jelas semakin disorot karena kekalahan ini.

Menjadi pertama kalinya sejak 17 tahun Liverpool berhasil mengalahkan Arsenal secara beruntun pada dua laga dalam satu musim kandang dan tandang.

Babak pertama berjalan begitu memukau bagi Liverpool. Mereka ingin membuktikan bahwa masih mampu memperlihatkan performa menawan laiknya paruh pertama musim ini.

Benar saja, baru berjalan sembilan menit, The Reds langsung mampu membuka keunggulan. Berawal dari umpan akurat Sadio Mane yang melewati kedua kaki Philippe Coutinho, Roberto Firmino mampu menjebol gawang Arsenal dengan sepakan keras.

Liverpool memperlihatkan kombinasi passing yang brilian. Mereka memang tak banyak memegang bola, tapi setiap kali menguasai bola mampu langsung memperlihatkan serangan frontal nan cepat.

Peluang demi peluang dibuat, tapi baru menit ke-40 Liverpool bisa mencetak gol keduanya. Kali ini posisi berbalik, giliran Firmino yang melepas umpan datar akurat kepada Mane kemudian sang pemain membuat tembakan keras yang tak bisa ditahan Petr Cech.

Pada babak kedua, Arsenal memasukkan Alexis Sanchez dan bermain lebih tajam. Mereka benar-benar menguasai alur bola di babak kedua.

Pada menit ke-57, The Gunners membuat laga semakin menarik. Melalui umpan terobosan Alexis, Danny Welbeck berhasil mencetak gol lewat sepakan terukur.

Liverpool mulai memainkan tempo. Mereka beberapa kali menahan bola dan mencoba memperlihatkan pertahanan yang baik ketika serangan frontal Arsenal datang.

Sedang memiliki momentum, The Reds akhirnya mampu menutup laga dengan kemenangan setelah serangan balik cepat, yang berawal dari kaki Adam Lallana, menuju Divock Origi, hingga sang pemain Belgia, membuat umpan sangat akurat yang diselesaikan dengan manis oleh Georginio Wijnaldum. Laga berakhir dengan skor 3-1.

Liverpool (4-3-3): 22-Simon Mignolet; 7-James Milner, 17-Ragnar Klavan, 32-Joel Matip, 2-Nathaniel Clyne; 20-Adam Lallana (21-Lucas Leiva 93′), 23-Emre Can, 5-Georginio Wijnaldum; 10-Philippe Coutinho (27-Divock Origi 79′), 11-Roberto Firmino, 19-Sadio Mane

Arsenal (4-2-3-1): 33-Petr Cech; 18-Nacho Monreal, 6-Laurent Koscielny, 20-Shkodran Mustafi, 24-Hector Bellerin; 29-Granit Xhaka, 34-Francis Coquelin (7-Alexis Sanchez 46′); 23-Danny Welbeck (14-Theo Walcott 74′), 17-Alex Iwobi, 15-Alex Oxlade-Chamberlain; 12-Olivier Giroud (9-Lucas Perez 74′)

(rap/JPG)