Ada kabar gembira bagi pegawai negeri sipil (PNS). Karir mereka tidak akan berhenti di satu tempat saja, karena pemerintah akan membuka rekrutmen terbuka atau lelang jabatan.

“Mulai minggu depan, pemerintah akan menggelar rekrutmen terbuka untuk promosi jabatan khusus untuk Eselon I dan Eselon II,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemko Batam, M Sahir, Rabu (25/3).

Sesuai dengan Kepmenpan Nomor 13 Tahun 2014 tentang tata cara pengisian jabatan pimpinan tinggi secara terbuka di lingkungan instansi pemerintah maka proses rekrutmen terbuka ini akan diumumkan kepada masyarakat. “Sehingga pejabat di tempat lain pun bisa tahu kalau ada promosi pejabat baru,” kata Sahir.

Keuntungan mengikuti rekrutmen terbuka ini karir PNS tidak akan berhenti hanya di daerah. Setiap PNS yang mencapai tingkat karir tertentu, misalkan eselon II di tingkat kabupaten/kota, bisa dipromosikan ke tingkat provinsi, kemudian yang di tingkat provinsi bisa promosi ke tingkat pusat.

Rekrutmen terbuka ini terbuka untuk seluruh pejabat. Mereka akan diseleksi oleh Panitia Seleksi Daerah (Panselda) yang kemudian akan diteruskan ke Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).”Panitia seleksi terdiri dari pejabat pemerintah kota sebanyak 45 persen dan 55 persennya diisi oleh tokoh masyarakat atau akademisi,” tambha Sahir.

Syarat untuk mengikutinya adalah memiliki sertifikat diklat tim dua, dan sudah pernah dua kali menjabat di eselon III.”Contohnya saya di Batam bisa saja mengikuti rekrutmen terbuka untuk penempatan pejabat di Medan,” kata Sahir lagi.

Dan yang terpenting kata Sahir, kedepannya aparatur sipil negara tidak perlu terlalu banyak. Yang paling penting adalah potensial, berkualitas, berintegritas, dan profesional.(leo/jpnn)

BAGIKAN