CILEGON – Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Hospitality Cakrawala Indonesia (HCI) mengajak seluruh perhotelan di Banten agar memiliki sertifikasi khusus bagi seluruh pegawainya. Sertifikasi profesi tersebut akan memudahkan pegawai dalam merintis jenjang karir yang ditekuninya sebab secara otomatis akan meningkatkan standarisasi kualitas pelayanan.

Ketua Pelaksana LSP HCI wilayah Banten, Adi Setiawan mengaku sertifikasi profesi juga akan berdampak kepada setiap pegawai perhotelan yang mengikutinya dengan meningkatnya sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki. “Bukan hanya untuk akademis, tapi sertifikasi sangat penting dilakukan dalam berlangsungnya masyarakat ekonomi asean (MEA),” ujarnya, Senin (19/6).

Dijelaskannya, sertifikasi profesi yang dibuka oleh LSP HCI mulai dari jenis pekerjaan di bidang pemasaran, departemen kantor depan (front office), housekeeping departemen, departemen binatu, kemudian food and beverage departemen (bagian makanan dan minuman) dan lainnya. “Tempat uji kelayakannya di Akbid Akparindo Cilegon ini. Disini fasilitas dan sarana prasananya sudah lengkap,” katanya.

Diungkapkannya, sasaran sertifikasi profesi di hotel-hotel yang berbintang 3, 4, dan 5. Namun tidak menutup kesempatan bagi hotel yang masih berada dibawah bintang 3 sertifikasi bisa dilakukan. Malahan hal itu akan mendongkrak mutu dan kualitas pelayanan hotel kepada konsumen.

“Hotel-hotel sudah sangat siap dan menunggu untuk disertifikasi. Untuk di Banten jumlah hotel mencapai sekitar lebih dari 1000 hotel. Target kita sampai akhir tahun 2017 ini minimum mensertifikasi 15 hotel yang terbaik di Banten,” tuturnya. (Riko Budi Santoso/rikosabita@gmail.com)