AIR putih ternyata memiliki banyak khasiat dan manfaat. Seperti dilansir dari Times of India, Selasa (29/9/2015) mengkonsumsi air putih dapat mencegah kita makan lebih banyak.

Selain itu, air memiliki kalori jauh lebih sedikit ketimbang makanan apa pun. Minum sekitar 500 ml air sebelum makan dapat memotong kalori dan membantu kita menurunkan berat badan dan hasilnya indeks massa tubuh pun berkurang.

Selain itu, ada 4 manfaat lain air putih di antaranya :

1. Menjaga lever
Bila kita rajin minum, maka ginjal akan bekerja dengan baik dan lever atau hati jua bisa fokus pada pembakaran lemak untuk cadangan energi. Jadi semakin banyak air yang Anda minum, maka semakin sedikit lemak yang tersimpan dalam tubuh.

2. Menekan nafsu makan
Minum air putih juga dapat menciptakan perasaan kenyang hingga menekan nafsu makan.

3. Nol kalori
Coba periksa pada label kemasan, ada berapa banyak kalori yang ditawarkan minuman kemasan. Bandingkan dengan air putih yang nol kalori.

4. Minum air dingin membakar kalori
Studi menunjukkan, minum air es membantu proses pembakaran kalori. Mengapa? Jadi, suhu air dingin ternyata tidak jauh berbeda dengan suhu tubuh normal, yaitu 37 derajat celsius. Nah perkirakan saja suhu air es yang kita minum adalah nol derajat celsius. Diperlukan satu kalori untuk setiap peningkatkan suhu air es satu derajat celsius.
Jika kita minum 0,5 liter (16 ons) air, ada 473.18 gram air yang harus disetarakan suhunya. Jadi, dengan meminum setengah liter (16 ons) air es sehari, tubuh kita harus meningkatkan suhu 473.18 gram air dari nol derajat hingga 37 derajat Celsius.
Saat melakukannya, tubuh harus membakar 17,5 kalori. Begitu seterusnya, dan coba bila kita melakukannya rutin. Namun, membakar kalori tentu bukan hanya dilakukan dengan minum air es saja, latihan fisik tetap diperlukan. (le/rbc)