Manfaatkan Hari Libur, Puluhan Pelajar Banten Ikuti Pesantren Kilat

Pesantren Kilat

SERANG – Memanfaatkan hari libur panjang pada bulan Ramadan, puluhan pelajar dan mahasiswa dari berbagai perwakilan sekolah dan kampus di Provinsi Banten mengikuti pesantren kilat (peslat) di Aula DKM Masjid Al Bantani, di KP3B, Kecamatan Curug, Kota Serang, Jumat (17/6).

Ketua DKM Masjid Al Bantani, KH. Zainal Abidin Suja’i mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan agar para pelajar dan mahasiswa di Banten dapat lebih memahami nilai-nilai keislaman di Banten. “Tujuan program ini untuk memberi pencerahan pada para pelajar dan mahasiswa di Banten. Mereka diberikan materi tentang cara hidup yang islami dan cara bergaul yang sesuai dengan nilai-nilai keislaman,” ujarnya.

Zainal menjelaskan, pola pikir para pelajar pada zaman sekarang serta pergaulan anak muda di lingkungan masyarakat sudah buruk. Sebab anak muda sekarang lebih suka hal-hal yang berbau hedonisme. “Mereka lebih suka hura-hura. Padahal itu dilarang oleh agama. Banyak media memberitakan anak muda banyak yang terjerat kasus narkoba, seks bebas dan lain-lain. Untuk itu kami mengakomodir mereka untuk tak terjerumus dalam pergaulan bebas, agar hidup mereka lebih terarah,” paparnya.

“Kami berharap para peserta peslat ini dapat menyebarkan nilai-nilai keislaman, seperti saling menghargai sesama umat dan menghormati pada yang lebih tua. Sehingga mereka lebih mampu memilah mana yang baik buat kehidupannya kelak,” harapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DKM Masjid Al Bantani, KH. Wawan Wahyudin mengatakan, para pelajar yang mengikuti peslat ini diharapkan mampu hidup disiplin, teliti, peka terhadap persoalan sosial di masyarakat dan juga dapat menjaga tradisi keislaman di wilayah Banten. “Kami harap para peserta peslat dapat mengamalkan ajaran-ajaran para alim ulama di Banten. Menjaga tradisi keislaman di wilayah di Banten dan juga hidup disiplin. Sebab kedisiplinan membawa umat muslim ke arah yang lebih baik,” ucapnya. (AdeF)

BAGIKAN