Mari mengenal jenis-jenis Harley Davidson

0
27827
Harley Davidson Museum
Harley Davidson Museum
Harley-Davidson Museum
Harley-Davidson Museum

Jika mendengar Harley Davidson langsung terbayang dibenak kita adalah motor yang besar, gagah dan macho. Dan hampir semua pria ingin memiliki motor dengan merk Harley Davidson ini

Nah sebelum anda meminang Harley Davidson sebagai tunggangan anda, sebaiknya terlebih dahulu anda harus mengenal berbagai macam tipe Harley Davidson

Harley Davisdon dibagi menjadi 7 Model : Touring, Cruiser, Buell, Softail, Dyna, Sportster dan Vrod. Dimana model-model tersebut dibedakan berdasar kan frame, engine, suspension, dan karakteristik lain nya.

Berikut detail macam-macam tipe Harley Davidson :

Touring

Harley Davidson Touring Model
Harley Davidson Touring Model

Terkadang Harley Davidson ini sering disebut sebagai “Baggers”, MOGE Harley Touring sejatinya memang di disain siap untuk perjalanan jauh. Apabila anda sedang merencanakan untuk mengambil model ini untuk digunakan perjalanan jauh maka jenis inilah yang paling cocok dibandingkan dengan model Cruiser. Ketika memilih motor touring, berat / bobot / beban merupakan sesuatu yang perlu dipertimbangkan. Harley model touring akan tetap membuat anda nyaman berkendara meskipun dipakai berjam-jam lamanya diatas jok motor. Motor Touring dapat mencapai berat hingga 400 kg apabila semua terpasang lengkap.

Cruisers

Harley Davidson Cruiser Model
Harley Davidson Cruiser Model

Harley Cruiser ini hampir mirip dengan Harley jenis touring namun masih bisa dikelompokkan sebagai tipe HD Softails. Meskipun bobot dari motor Harley Davidson Cruiser ini tidak seberat dengan model Touring, namun untuk anda pengendara pemula sangat tidak di anjurkan.

Softails

Harley Davidson Softails Model
Harley Davidson Softails Model

Harley Softails ini memiliki bentuk cukup unik dan terutama dibagian bodynya karena bentuknya yang terlihat kaku seperti sebuah motor pegunungan. Harley Softails ini memiliki shockbreaker yang tersembunyi pada bagian belakang untuk memberikan kenyamanan bagi sipengendara. Model ini sangat cocok bagi para pengendara sehari-hari maupun bagi penggemar khusus Harley. Motor harley tipe Softails ini memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan touring dan cruisers.

Dyna

Harley Davidson Dyna Model
Harley Davidson Dyna Model

Harley Dyna ini dikenal sebagai “rubber mount” dikarenakan model tipe Dyna mempunyai dua buah shockbreaker di bagian belakang. Perbedaan yang paling signifikan dengan yang tipe yang lain adalah HD Dyna mempunyai sebuah karet pada bagian mesin yang berfungsi untuk mengurangi getaran pada mesin. Harley Dyna ini sangat cocok sebagai motor harian di ibukota.

Sportster

Harley Davidson Sportster
Harley Davidson Sportster

Harley Davidson juga mengembangkan motor bertipe sport yang telah lama dikenal yaitu jenis Sportster atau ‘XL’. Motor Harley Sportster ini memiliki sebuah mesin dan desain rangka yang lebih ramping. Motor tipe ini yang merupakan paling ringan diantara semua tipe Harley. Harley Sportsters juga merupakan satu-satunya tipe Harley yang menawarkan dua varian mesin yaitu 883 dan 1200.

V-rod

Harley Davidson V-rod
Harley Davidson V-rod

Salah satu Model terbaru Harley adalah tipe v-rod. Harley V-rod Sangat berbeda jika dibandingkan model lainnya karena menggabungkan 2 buah konsep yaitu power dan style dari motor sport. Pada bagian mesinnya juga menggunakan water cooled.

Buell

Harley Davidson buell lightning Model
Harley Davidson buell lightning Model

Harley Buell merupakan salah satu tipe yang tidak persis seperti Harley, motor sport buatan Amerika ini sengaja di buat layaknya motor Sport dan mengusung brand Harley Davidson. Model Harley Buell ini sangat cocok di gunakan sehari hari atau untuk medan jalan yang berliku – liku.