Marquez: Vinales Masih Pembalap Tercepat

0
1433
Marc Marquez memang mencatat lap terbanyak, tapi kecepatannya belum menandingi Maverick Vinales. (AFP)

JUARA dunia MotoGP asal tim Repsol Honda, Marc Marquez, tak sungkan mengakui kecepatan yang dimiliki pembalap anyar Movistar Yamaha, Maverick Vinales, pada hari kedua tes pramusim di Sirkuit Phillip Island Australia, Kamis (16/2).

Dalam tes tersebut, Marquez mencatat jumlah lap terbanyak dengan melahap 107 putaran. Sementara Vinales yang meraih hasil tercepat dengan torehan 1 menit 28,847 detik hanya mencatat 80 lap. Sehubungan gap atau jarak waktunya yang 0,462 detik dari Vinales, Marquez mengakui sudah bekerja maksimal hingga sampai batas pacuan Honda RC213Vnya.

“Kami sangat konsisten, ini benar. Namun hari ini Maverick lebih cepat dari kami. Saya sangat konsisten, saya cukup cepat tetapi masih ada sesuatu masalah yang saya tidak mengerti. Jika saya sudah merasa pada batas, saya akan mengatakan bahwa saya sudah di batas,” tegas Marquez yang menjadi tercepat pada hari pertama, (15/2) meski masih dalam ukiran 1 menit 29 detik.

Kabarnya, konteks kinerja elektronik dan mesin masih belum sejalan. Butuh pengaturan lebih lanjut. “Maverick adalah yang tercepat saat ini, tidak hanya pada satu lap. Langkahnya benar-benar baik,” tambah Marquez yang tidak ditemani kepala krunya, Santi Hernandez pada tes di Australia karena alasan sakit.

Sementara itu, rekan setim Marquez, Dani Pedrosa mengalami sakit hingga hanya menjalankan 38 lap saja. “Sejak kemarin, saya merasa sedikit aneh dan semalam itu tidak enak. Bahkan pagi ini lebih buruk, saya tidak bisa sarapan, perut saya tidak baik. Saya tidak makan sampai pukul 2 siang,” ujar Pedrosa.

“Pada sore hari, saya melakukan beberapa lap, saya tidak terlalu memaksa karena tidak makan berjam-jam,” pungkas Pedrosa yang ada di urutan ke-16 dan berjarak 1,398 detik dari Vinales. (ira/JPG)