Masih ini Rencana Bappeda Cilegon di Tahun 2018

CILEGON – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Cilegon Ratu Ati Marliati mengaku tahun 2018 nanti, Pemkot Cilegon masih terfokus pada sejumlah mega proyek yang telah berjalan namun belum terselesaikan.

Di antaranya penuntasan pembangunan Jalan Lingkar Utara (JLU), Alun-alun Kota Cilegon, dan Sport Center di Kelurahan Kedaleman, Kecamatan Cibeber. Sekadar mengingatkan, APBD Kota Cilegon tahun 2018 meningkat dari tahun 2017 saat ini. Kenaikan itu dari Rp 1,7 triliun menjadi lebih dari Rp 1,9 triliun.

“Di 2018 kita memang lagi fokus pada kelanjutan tentang target-target RPJMD yang ada. Memang belum ada program mega proyek yang baru, karena memang seperti Sport Center, alun-alun, dan JLU itu kan tidak bisa habis dalam satu anggaran. Harus ada tahapan,” ujar Ati, Jumat (8/12).

Ia menargetkan tahun 2018 nanti sejumlah mega proyek Pemkot Cilegon itu terselesaikan agar tidak menghambat laju pembangunan lainnya. “Terutama mungkin JLU (Jalan Lingkar Utara) karena itu ada kelanjutannya. Kalau misalkan JLU terlambat akan berpengaruh pada porsi-porsi yang lain. Karena ini anggaran yang menyedot cukup banyak,” katanya.

Ati berharap dengan pembangunan mega proyek itu nantinya akan meningkatkan derajat kemakmuran masyarakat. “Kita berharap itu, akan proses perkembangan perekonomian masyarakat di wilayah kecamatan tersebut,” ujarnya.

Mengingat sebelumnya pembangunan JLU ditarget rampung pada tahun 2017 ini namun meleset, berikut alasan Ati ketika ditanya oleh Radar Banten Online. “Sebenarnya di dalam perencanaan secara makro, sudah tepat di 2017. Tapi karena kita juga melibatkan stakeholder lain yang dalam ini BPN, BPN punya aturan yang tidak memungkinan dalam tahapan itu. Kita menghormati aturan itu,” ungkap Ati. (Riko Budi Santoso/rikosabita@gmail.com)

BAGIKAN