Masukan MenPAN-RB, Gubernur Banten Harus Rombak Total Birokrasi

MenPAN-RB (kedua dari kanan) usai menghadiri diskusi publik
MenPAN-RB (kedua dari kanan) usai menghadiri diskusi publik

JAKARTA – Gubernur Banten diminta melakukan perombakan birokrasi secara radikal. Hal ini dirasa perlu dilakukan agar kualitas pembangunan di Provinsi Banten bisa membaik.

Pernyataan tersebut diungkapkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi dalam acara diskusi publik dengan tema Menggugat 15 Tahun Reformasi Birokrasi di Banten, Sabtu kemarin.

Baca Juga : Agar Pembangunan Berkualitas, MenPAN-RB : Lelang Jabatan Eselon II

“Salah satu upaya untuk memperbaiki pembangunan di Provinsi Banten, saya menyarankan pada Gubernur Banten untuk berani melakukan perombakan radikal pada birokrasinya,” kata Yuddy.

Yuddy menambahkan, nilai akuntabilitas kinerja Provinsi Banten kurang memuaskan. Nilai yang diperoleh menurun dari tahun sebelumnya yaitu 58,25 pada 2014 menjadi 51,72 tahun lalu. “Ini harus menjadi catatan yang penting bagi gubernur dan seluruh jajaran birokrasi karena yang dinilai bukan hanya gubernur. Evaluasi akuntabilitas kinerja ini menilai sistem birokrasi, tata kelola dan tata kerja pemerintahannya,” ucap dia. (jpnn/RBOnline)