SERANG – Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Sekretaris Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banten Soleh Hidayat, Senin (27/2/2015), mengungkapkan, setelah terpilihnya enam calon pihaknya akan melakukan uji publik dan rekam jejak.

Dikatakan Soleh, tahapan ini dilakukan dengan cara meminta masukan rekam jejak calon dari masyarakat. ” Namanya akan diumumkan Rabu nanti dan masyarakat diharapkan memberikan masukan melalui surat atau e-mail atau komentar di web resmi KPU,” ujar Soleh.

Pansel pun akan mencari rekam jejak calon dengan mencari data ke atasan masing-masing calon atau lembaga terkait seperti Inspektorat dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD).
“Yang dari daerah akan kami minta juga datanya kepada sekda, yang dai KPU pusat calonnya, akan kami pinta kepada KPU pusat juga,” tambah Soleh.

Menurut Soleh, hal ini dilakukan agar tiga nama yang nantinya akan diajukan sebagai calon benar-benar mereka yang terbaik dan juga memiliki kompetensi dibidangnya. “Kita (pansel) mempunyai kewajiban ke arah sana, ini sesuai amanat yang dipercayakan KPU pusat kepada kami,” ujar Soleh.

Setelah melalui dua cara tersebut, lanjut Soleh, pihaknya akan memanggil semua calon untuk melakukan klarifikasi data yang diperoleh pansel baik dari aduan masyarakat maupun rekam jejak secara langsung. “Oleh karena itu, masyarakat yang menyampaikan aduan harus objektif, dan lebih bagusnya disertakan bukti, karena aduan mereka menjadi pertimbangan,” tambah Sholeh. (Bayu)