CILEGON – Kendaraan dinas Pjs Walikota Cilegon, Suyitno memasuki kawasan kantor Walikota Cilegon, Kamis (23/7/2015) sore. Belakangan diketahui, diam-diam mantan Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Banten itu baru saja pulang dari kunjungan kerja ke sejumlah SKPD.

Di antaranya yakni Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD), Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), dan Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Daerah (DPPKD) di hari pertama kerjanya, tanpa diketahui oleh awak media. Ditemui di ruang kerjanya, Suyitno mengungkapkan, kunjungannya itu tak hanya dilakukan ke kantor kantor SKPD saja, melainkan pula dengan terjun langsung ke sejumlah proyek pembangunan infrastruktur yang termasuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2010 – 2015.

“Seperti yang saya katakan sebelumnya, saya perlu melakukan perkenalan dulu ke SKPD SKPD, sebelum menjalankan roda pemerintahan. Tadi saya juga melihat langsung ke lapangan, seperti ke JLS (Jalan Lingkar Selatan-red) dan juga lahan Sport Center,” ujarnya.

Diketahui, kedua mega proyek itu sendiri merupakan bagian dari program kerja Walikota sebelumnya Tb Iman Ariyadi yang tertuang dalam RPJMD dan belum dituntaskan.

“Tadi saya juga sempat melihat langsung kondisi rumah dinas, dan juga Pasar Kranggot. Di Pasar Kranggot, saya melihat pasar itu sudah dibangun, tetapi kenapa pedagang masih berjualan di pinggir jalan, belum lagi sampah sampah juga berserakan, karena saya belum tahu, ya kan? Maka, rencananya Senin nanti akan kita bahas dirapat dinas. Dari kunjungan saya tadi, akan menjadi bahan sampel buat saya, bagaimana pelaksanaan RPJMD ini akan dilaksanakan,” kata pejabat berdarah Pantura ini.

Ia menambahkan, kunjungan ke SKPD dan memantau sejumlah lokasi kegiatan yang menggunakan pos APBD Cilegon itu tidak selesai disitu saja. Jumat (24/7/2015) besok, kata dia, kunjungan yang sama akan ia lakukan ke tempat tempat lain sebelum rapat dinas itu dilakukan.

“Dalam rapat dinas itu juga nantinya, kita akan membahas progres capaian pendapatan dan kinerja SKPD yang lamban dalam menyerap anggaran. Intinya, saya ingin mengenal, lalu mempelajari dan kita bahas. Karena prinsip saya ingin bekerja secara maksimal, Insya Allah juga dapat berbuah maksimal pula,” tandasnya. (Devi Krisna)