MINYAK berlebih pada wajah disebabkan oleh kelenjar minyak yang aktif berlebihan. Inilah yang menyebabkan penyumbatan pada pori-pori kulit, lalu timbul jerawat dan komedo.

Sebenarnya masalah ini wajar dialami oleh kita yang hidup di iklim tropis. Selain kelenjar hormon pada tubuh meningkat, cuaca panas juga turut mendukung munculnya keringat dan tumbuhnya bakteri yang bila bertemu kotoran akan memicu jerawat. Untuk mengatasinya, lihat beberapa tips berikut!

Rajin mencuci wajah
Sebaiknya lakukan minimal dua kali sehari dengan sabun yang berformula lembut, untuk mengurangi minyak berlebih. Selain pakai sabun, mencuci muka dengan air hangat dan madu juga dianjurkan.

Masker apel
Apel yang kaya vitamin dan serat ini juga dapat membuat wajah bebas minyak. Caranya, tumbuk buah apel, lalu campurkan dengan oatmeal matang dan putih telur. Tambahkan dua sendok teh air perasan jeruk nipis. Gunakan campuran tersebut sebagai masker wajah, diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih.

Konsumsi sayur, buah dan air putih
Dengan mengonsumsi buah dan sayur, dapat meredam minyak yang berlebih pada wajah. Selain itu, konsumsi air putih kurang lebih dua liter per hari juga dapat mengurangi kelenjar minyak bekerja dengan cepat. (gs/rbc)