MERAK – Momentum peningkatan pendistribusian barang menjelang Ramadhan 2015 melalui Pelabuhan Merak, kerap dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan untuk menyuplai barang dan benda terlarang. Guna mengantisipasi hal itu,

Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Merak menggelar razia di lima dermaga di pelabuhan tersebut, dengan melibatkan sekira puluhan personel gabungan dari KSKP Merak, Polres Cilegon dan sekuriti pelabuhan, Rabu (13/5/2015).

“Kami melakukan pemeriksaan terhadap truk maupun bus ekspedisi dari Sumatera ke Jawa. Selain memeriksa kelengkapan dokumen kendaraan, kam juga menggeledah muatan kendaraan, agar momentum jelang puasa ini tidak dimanfaatkan untuk mendistribusikan barang-barang terlarang, seperti narkoba maupun daging ilegal,” ungkap Kepala KSKP Merak AKP Nana Supriatna.

Pantauan radarbanten.com, petugas menyetop seluruh kendaraan ekspedisi yang baru keluar dari mulut kapal di setiap dermaganya.

Pardi (51), salah seorang sopir angkutan ekspedisi, membenarkan adanya peningkatan volume pendistribusian barang dari Sumatera ke Jawa pada beberapa pekan belakangan. “Dalam seminggu ini saja, saya sudah dua kali bolak-balik dari Lampung ke Jakarta untuk mengirim barang,” kata Pardi. (Devi Krisna)