Menkes Nila ke Pelabuhan Merak, Cek Kesiapan Tenaga Medis

CILEGON – Menteri Kesehatan RI Nila Djuwita F. Moeloek meninjau pelabuhan penyeberangan PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Selasa (20/6). Berkeliling di Dermaga VI, Nila juga sempat memantau Kantor Kesehatan yang berada di dalam Pelabuhan Merak.

“Sekarang ke Pelabuhan. Kemarin kami ke jalan tol. Pelabuhan sangat penting dan cukup banyak lalu lintasnya. Kami melihat pos-pos yang siap, karena dari (Kementerian) Kesehatan kita punya Kantor Kesehatan Pelabuhan,” ujar Nila.

Ia menjelaskan, kesiapan tenaga medis dan sarana kesehatan yang ditempatkan di jalur mudik telah maksimal. Ia juga mengajak instansi lainnya untuk bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan agar dapat melayani masyarakat.

“Ini juga Basarnas yang baru kita lihat yang bekerja jika ada sesuatu di laut, seharusnya bekerja sama dengan (Kementerian) Kesehatan. Agar ada waktu periode emas saat menolong seseorang. Baik keterampilan dan tenaga kesehatan,” katanya.

Ia mengungkapkan tenaga medis yang disiagakan selama 24 jam akan ditempatkan sampai H+7 Lebaran nanti. Kata dia, tenaga kesehatan yang ditempatkan mulai dari dokter, perawat, dan petugas rumah sakit. “Keseluruhan di jalur mudik ada 3.826 titik posko yang kita dirikan. Mungkin juga plus lagi dengan bekerja sama dengan rumah sakit dan jejaring yang kita perlukan,” katanya. (Riko Budi Santoso/rikosabita@gmail.com)