Menkes Nila Tinjau Pos Kesehatan di KM 68

SERANG – Menteri Kesehatan RI Nila Djuwita F. Moeloek pagi ini meninjau pos kesehatan di rest area KM 68 Tol Tangerang-Merak, Bogeg, Kota Serang. Kunjungan tersebut dilakukan untuk menyikapi arus mudik tahun ini.

Menurut Nila, setiap tahunnya mudik Lebaran selalu menarik perhatian sebagian besar masyarakat Indonesia yang ingin menghabiskan libur Hari Raya Idul Fitri di kampung halamannya.

“Setiap mudik Lebaran keamanannya harus dijaga. Setelah kena macet, perjalanan jauh itu pengaruh pada kondisi tubuh, kesehatan harus dijaga. Lalu pengemudi tidak bisa sembarangan, mereka harus bertanggung jawab,” ujar Menkes Nila saat dijumpai awak media di lokasi, Selasa (20/6)

Karena itu, bagi pengemudi untuk segera memeriksa kesehatan dan istirahat di pos kesehatan terdekat yang telah disiapkan Kementerian Kesehatan. “Pos kesehatan ada 3.826 yang disiapkan. Tenaga kesehatan, susah menghitungnya karena mereka kan bergantian, lalu di rumah sakit pun ada,” katanya.

Nila memastikan selama mudik Lebaran fasilitas kesehatan seperti rumah sakit tetap beroperasi. Menurutnya, Kemenkes telah bekerja sama dengan sejumlah rumah sakit. “Bukan mendoakan, tapi khawatir terjadi kecelakaan, rujukannya kan ke rumah sakit tidak ke sini (pos kesehatan),” ujarnya.

Untuk diketahui, hari ini bersama sejumlah staf Kemenkes, Menkes Nila meninjau pos kesehatan di rest area KM 68 sekira pukul 06.00 hingga 06.30. Selesai di rest area, Menkes Nila langsung menuju Merak. (Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)