Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur.

SERANG – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur meminta Gubernur Banten Wahidin Halim untuk profesional dalam menempatkan para pegawai.

“Penempatan tersebut harus berdasarkan kompetensi pegawai,  bukan karena faktor lain,” kata Asman Abnur setelah menghadiri wisuda sarjana dan pascasarjana UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Sabtu (20/5). Hadir pada acara itu Gubernur Banten Wahidin Halim  dan Kapolda Banten Brigadir Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Secara umum, Asman mengungkapkan, birokrasi di seluruh unsur pemerintahan harus lebih baik. Karena itu, yang akan datang seluruh sistem birokrasi dan pelayanan di pemerintahan harus menggunakan sistem elektronik, baik untuk kedisiplinan pegawai, sistem kerja, maupun pelayanan publik.

“Kita evualuasi tiap tahun,  jadi tidak ada lagi ASN yang ke kantor karena takut absen, tapi karena pekerjaanya,” ujarnya.

Untuk pelayanan publik,  menurutnya, harus berbasis elektronik. Jangan ada lagi pelayanan publik yang masih menggunakan sistem manual.

“Model kerja baru terutama birokrasi, birokrasi kita cara kerjanya tidak boleh kalah sama swasta. Kalah Anda ke bank, tidak ada pegawai yang ngobrol di bank. Semuanya kerja. Nah, kalau birokrasi kita seperti itu, saya yakin negara kita akan maju,” ujarnya.  (Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)

BAGIKAN