JAKARTA – Ketua Komisi IX DPR, Dede Yusuf mengungkapkan kekecewaanya terhadap Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dakhiri. Sebab, menteri asal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) terlalu sering ke luar negeri.

Padahal, saat ini banyak terjadi PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) terhadap buruh di tanah air. Dia mengatakan, PHK besar-besaran itu sudah menjadi pembahasan di komisi IX.

Menurut politikus Demokrat itu, semua fraksi sudah sepakat meminta keterangan dari pemerintah, terutama Menaker Hanif.

“Kami akan meminta keterangan pemerintah. Langkah apa yang akan dilakukan. Karena pada dasarnya sekarang ini kan kondisi kita sedang menuju krisis, dan naif sekali kalau tetap mengatakan perekonomian masih aman-aman saja,” kata Dede di gedung DPR Jakarta, Senin (31/8).

Karena itu, Komisi IX sudah membuat agenda rapat dengan Menaker Hanif Dakhiri. Komisi IX akan meminta penjelasan mengenai langkah dan kebijakan yang diambil untuk mengatasi tingginya gelombang PHK.

“Tanggal 2 (September), kami memanggil menteri tenaga kerja. Kami sebetulnya agak kecewa dengan Pak Menteri lantaran beliau keluar negeri terus. Kemarin merayakan HUT RI dengan para buruh, padahal kita tengah ramai soal tenaga kerja asing, soal pencabutan bahasa Indonesia, dan sekarang tentang gelombang besar PHK,” ujar Dede. (fat/jpnn)