Siswa SDN Sukamaju saat belajar

SERANG – Pemandangan mengenaskan telihat di teras SDN Sukamaju, Kampung Sukamaju, Desa Citasuk, Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang. Siswa belajar secara lesehan di teras ruang kelas. Tidak jarang ketika musim hujan, siswa menghentikan aktivitas belajar karena percikan air hujan membasahi buku dan peralatan tulis mereka.

“Jemper (lelah-red) belajar di lantai. Pengennya sih di ruang kelas ada meja, kursi dan ada papan tulisnya,” kata salah satu siswa yang belajar di lantai teras sekolah, Fahza, Jumat (22/1/2016).

Pantauan di lokasi, sekitar 50 siswa kelas 2 dan 3 sekolah tersebut belajar dengan mengampar di teras kelas. Mereka harus sering berganti posisi duduk dan tengkurap.

Wali kelas SDN Sukamaju Haris Kaffa Munandar mengungkapkan, pihak sekolah sudah berulangkali mengajukan permohonan kepada pemerintah namun belum juga ada bantuan. “Sudah berulangkali ajukan bantuan. Sampai berulangkali ganti kepala sekolah. Belum juga ada bantuan penambahan ruangan,” kata Haris.

Haris sangat berharap, agar sekolah tempat dia mengajar diperhatikan pemerintah. “Kasihan mereka belajar di teras, konsentrasi terganggu. Jangankan hujan, ada kegiatan olahraga saja mereka terganggu,” paparnya.

Sedangkan, Kepala SDN Sukamaju Puar mengatakan, pemerintah sempat mau memberikan bantuan penambahan ruangan. Tapi hal itu batal dilaksanakan dengan dalih pembangunan dialokasikan untuk SD lainnya. “Kita berharap ada bantuan secepatnya. Supaya KBM berjalan lancar. Dan kami sudah ajukan itu ke UPTD Kecamatan Padarincan,” pungkasnya. (Wahyudin)

BAGIKAN