CILEGON – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Banten tahun 2014 di Kota Cilegon menelan dana Rp5,3 miliar. Ajang syiar Islam yang dihelat di landasan helikopter Krakatau Steel, Kelurahan Ramanuju, Kecamatan Purwakarta, ini berlangsung 19 – 24 Maret 2014.

Abdul Hakim Lubis, Ketua Umum Pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Banten, saat memantau lokasi MTQ menjelaskan anggaran Rp5,3 miliar bersumber dari APBD Provinsi Banten Rp3 miliar dan Rp2,3 miliar dari APBD Kota Cilegon. “Kami tuan rumahnya. Segala persiapan sedang kami lakukan, seperti mendirikan panggung dan lainnya” ungkap Sekda Kota Cilegon ini.

Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Banten Zainal Mutaqin mengatakan, penyelenggaraan MTQ yang akan datang berbeda dengan penyelenggaraan MTQ yang lalu. Sebelumnya, dewan hakim langsung ditunjuk. Saat ini harus mengikuti seleksi. “Kami seleksi dulu atau kita diklat dulu dewan hakimnya. Kalau tidak lulus, tidak bisa jadi dewan hakim,” jelasnya.

Penyelenggaraan MTQ, lanjut dia, termasuk dalam rangka mencari qori qoriah terbaik Banten untuk diikutkan pada MTQ tingkat nasional. (Sefrinal)