SERANG – Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit dan Kesehatan Lingkungan (P3KL) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Serang, Ella Meidelena mengatakan, di akhir tahun 2014 pihaknya menemukan 4 pegawai tempat hiburan di Kota Serang terjangkit Human Immunodeficiency Virus (HIV).

“Data tersebut diperoleh dari hasil kegiatan sero survey HIV dan VCT petugas kami di sekitar 14 tempat hiburan yang ada di Kota Serang, ditemukan 4 HIV dan 1 Sipilis,” ungkap Ella kepada wartawan, Kamis (21/5/2015).

Dikatakan Ella, kalau ada yang terjangkit kita saat ini belum bisa menyampaikan langsung hasil tes tersebut kepada pengusaha Kafe, lantaran sudah menjadi peraturan kami. “Kita tidak bisa langsung sampaikan hasilnya, karena begitu aturannya, namun ke depan kita akan menyampaikan hal tersebut pada pengusaha kafe dan resto, untuk mewaspadai penularan penyakit tersebut,” kata Ella.

Dikatakan Ella, saat ini penularan HIV/AID trend penularannya justru karena hubungan seks, tidak seperti beberapa periode sebelumnya yang paling banyak akibat jarum suntik, “Tren nya berubah dari penularan lewat jarum suntik, sekarang lebih disebabkan oleh hubungan heterseks,” jelasnya. (Fauzan Dardiri)