CILEGON – Jumlah pemilih dalam Pilkada Kota Cilegon pada 9 Desember mendatang diperkirakan akan mengalami peningkatan sekira 20 persen dari jumlah pemilih pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2014 lalu yang berjumlah 285 ribu pemilih.

Ketua Pokja Daftar Pemilih Tetap (DPT) Divisi Program dan Data dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon, Rudi Hartono, mengatakan, pihaknya telah melakukan pendataan yang dilakukan oleh Petugas Pemungutan Data Pemilih (PPDP) dari setiap Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat Kelurahan.

“Kita mengkaji, apakah ada pemilih yang ganda dan langsung kita lakukan pemetaan, dan rencananya angka pasti DPS (Daftar Pemilih Sementara) baru akan kita umumkan besok (Rabu),” ujarnya kepada radarbanten.com di ruang kerjanya, Selasa (1/9/2015).

Ia mengatakan, jumlah DPT pada Pilkada Cilegon itu nantinya tidak menutup kemungkinan akan bertambah ataupun sebaliknya, karena adanya penambahan jumlah dari pemilih pemula, maupun pengurangan dari pemilih yang telah meninggal dunia.

“Sesuai dengan tahapannya, setelah DPS itu kita tetapkan, baru lah berikutnya jumlah DPS akan kita sampaikan kepada PPS dan PPK, termasuk meminta tanggapan dari masyarakat. Karena kita tidak ingin data pemilih ini akan memunculkan persoalan. Setelah ada tanggapan, kita tinggal lakukan perbaikan sebelum ditetapkan menjadi DPT,” imbuhnya.

Rencananya, DPT itu sendiri akan diumumkan pada awal bulan Oktober mendatang, setelah adanya pula rapat pleno di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). (Devi Krisna)